Home » » [Gaya Hidup] Efektif dan Bahagia

[Gaya Hidup] Efektif dan Bahagia

hidup efektifSaya seringkali menulis tentang hidup efektif dan bahagia.

Bagaimanakah hidup efektif dan bahagia itu?

Menurut kamus bahasa Indonesia, efektif adalah :

  1. ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya);
  2. manjur atau mujarab (tt obat);
  3. dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan)

Jadi bisa disimpulkan bahwa efektif itu sebuah sifat dari benda atau tindakan yang berorientasi pada hasil.

Dalam kamus bahasa Indonesia saya tidak bisa menemukan arti frasa hidup efektif.

Hidup efektif adalah hidup yang diisi dengan tidakan yang efektif, atau tindakan yang sangat mempertimbangkan hasil yang bermanfaat. Orang yang hidup efektif akan melakukan sebuah tindakan meskipun mahal atau sulit bila menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Sebaliknya dia tidak akan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, atau tidak jelas manfaatnya, meskipun murah dan mudah.

Jadi orang yang hidup efektif dan bahagia akan sangat mempertimbangkan manfaat dan kebahagiaan dalam setiap tindakannya.

Gaya hidup efektif saya pilih karena menyadari bahwa kehidupan di dunia ini ternyata sangat terbatas. Kehidupan dibatasi oleh waktu,  ruang, kemampuan, dan kepentingan orang lain, sedangkan pilihan sangatlah banyak. Dengan segala keterbatasan tidak mungkin saya bisa mengambil semua pilihan itu, maka saya harus membuat skala prioritas. Dengan hidup efektif saya membuat skala prioritas berdasarkan tingkat efektifitasnya.

Efektifitas sangat erat hubungannya dengan kebutuhan, karena itu saya harus mengenali kebutuhan saya bila akan membuat skala prioritas, sebuah skala prioritas kebutuhan. Sebelum melangkah, sebelum memilih, saya harus selalu membaca dan mengacu pada skala prioritas kebutuhan.

Ah rumit amat!

Sama sekali tidak rumit, sangat mudah dan sederhana selama saya selalu berusaha mengenali diri sendiri sehingga mengenali kebutuhan. Memang perlu membiasakan dan melatih diri hingga menjadi gaya hidup, yang efektif dan bahagia. Gaya hidup efektif dan bahagia membuat saya selalu melakukan atau memilih sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan, karena Tuhan sudah menganugerahkan apa yang saya butuhkan, bukan apa yang saya inginkan.

[Nur Muhammadian - Penulis "Kripik untuk Jiwa"]

Thank you for reading article [Gaya Hidup] Efektif dan Bahagia

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.