Home » » [Gaya Hidup] Selfhypnosis

[Gaya Hidup] Selfhypnosis

Gambar dari trashdisco.blogspot.com

People are not simply in or out of trance but are moving from one trance to another -Richard Bandler (Co-Creator of NLP)

Trance adalah kondisi pikiran yang sedang terhipnotis.

Saya sering ditanya tentang hipnotis. Yang terbanyak adalah menanyakan apa itu hipnotis.  Saya yakin teman-teman yang bertanya seperti itu bukan karena tidak tahu sama sekali, atau buta informasi tentang hipnotis. Mereka bertanya untuk melakukan klarifikasi atau mencari kepastian dari kesimpulan mereka sendiri tentang hipnotis. Karena di media televisi sangat banyak pertunjukan-pertunjukan sirkus yang mengatasnamakan hipnotis. Memang ada sebagian yang benar-benar hipnotis, tapi banyak sekali yang hanyalah pertunjukan rekayasa.

Pertunjukan-pertunjukan rekayasa yang dilakukan secara berlebihan atau over acting tanpa didasari konsep keilmuan inilah yang menjadi informasi masyarakat tentang apa itu hipnotis. Maka muncullah persepsi-persepsi salah di benak masyarakat.

Ada pihak yang menganggap hipnotis sebagai kekuatan yang luar biasa sehingga penghipnotis bisa menguasai semua orang dan mengendalikannya secara total.  Maka mereka rela mengeluarkan uang berapapun untuk belajar hipnotis, dengan harapan bisa lebih mudah membalik keadaan bagaikan membalik telapak tangan. Harapan yang berlebihan menyebabkan kekecewaan yang  sangat besar. Kekecewaan yang sangat besar mengubah simpati menjadi antipati.

Ada pula yang menganggap hipnotis adalah ilmu sihir yang harus dihindari dan melanggar ajaran agama. Anggapan yang tidak sepenuhnya salah, karena memang ada beberapa oknum yang menggunakan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan niat jahat. Ada pula pihak-pihak yang benar-benar menggunakan ilmu sihir namun menyatakan bahwa yang dilakukan adalah praktik hipnotis.

Maka masyarakatpun menganggap hipnotis adalah penipuan, merugikan, berbahaya, dan terlarang.

Padahal, sesungguhnya, kita mengalami kondisi trance setiap hari. Tanpa sengaja lingkungan (eksternal) atau kita sendiri (internal) membuat kita masuk ke kondisi trance. Saat kita merasa santai atau relax, atau sebaliknya saat kita begitu konsentrasi fokus pada sebuah obyek, kita ada dalam kondisi trance.

Saat kita membaca berita Penyanyi Cantik itu Selama Satu Jam Menghipnotis Ribuan Penonton, Menghipnotis dalam berita itu bukanlah kata-kata kiasan. Karena penyanyi memang benar-benar bisa menghipnotis pendengarnya. Seorang penceramah seperti Dai atau Pendeta bisa menghipnotis jamaahnya. Bahkan permainan bola di televisi pun mampu menghipnotis kita. Karena itu jangan heran bila saat menonton bola kantuk jadi hilang di tengah malam, atau bahkan kita abai pada lingkungan sekitar kita.

Pada kondisi trance ide mudah masuk dan tersimpan dalam alam bawah sadar, yang disebut sugesti. Dan ide itu semakin kuat tersimpan bila dilakukan berulang-ulang. Karena itulah spot iklan pada jam premier di televisi  harganya sangat mahal. Ide yang kuat tersimpan inilah yang kemudian berubah menjadi kebiasaan, atau sikap, atau bahkan orang sering menyebutnya sifat.

Tidak semua ide yang tersimpan dalam alam bawah sadar sesuai, atau bermanfaat bagi kita maupun orang lain di sekitar kita. Padahal ide itu sudah tertanam kuat dalam alam bawah sadar kita.

Jangan khawatirKita bisa mengganti ide yang tidak bermanfaat dengan yang lebih bermanfaat. Karena itu kita harus lebih mawas diri dan mensengajakan diri melakukan self hypnosis.

Bagaiman caranya melakukan selfhypnosis?

Saya tidak melarang bila ada yang ingin mengikuti kelas-kelas pelatihan hypnosis yang mahal. Namun bila hanya ingin melakukan selfhypnosis kita tidak harus mengikuti pelatihan.

Berikut sedikit tips :

  1. Pelajari diri atau introspeksi kebiasaan-kebiasaan kita yang tidak bermanfaat bahkan merugikan
  2. Amati dan cari sumber kebiasaan itu, eksternal maupun internal. Memang perlu kemauan dan usaha yang keras.
  3. Segera hindari sumber-sumber itu.
  4. Cari dan siapkan ide-ide positif yang bisa menimbulkan kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat, yang akan menggantikan ide-ide negatif lama yang sudah tertanam.
  5. Pelajari pola-pola bagaimana ide-ide nehatif yang tidak bermanfaat itu bisa masuk ke dalam alam bawah sadar kita. Sekali lagi butuh usaha dan kemauan keras. Tapi bila kita melakukannya , insya ALLOH hasilnya sangat bermanfaat.
  6. Gunakan pola-pola yang sama, yang kita temukan, untuk memasukkan ide-ide positif ke dalam alam bawah sadar kita, agar bisa menggantikan ide-ide negatif yang sudah tertanam.
  7. Lakukan berulang-ulang.

Tips ini hanyalah salah satu cara, banyak cara lain. Bisa juga juga dengan cara yang lebih mudah :

  1. Sama dengan poin 1 sampai 4 tips di atas
  2. Ucapkan ide-ide positif, minimal sampai terdengar telinga kita sendiri, saat berdoa setiap hari. Karena saat berdoa dengan khusuk kita sudah dalam kondisi trance.

Meskipun membutuhkan kemauan dan usaha yang keras, tapi mudah khan? Masih alergi pada hypnosis?

Thank you for reading article [Gaya Hidup] Selfhypnosis

0 comments:

Post a Comment

Sponsor

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.